Yuk Nabung Saham

  • Post category:Artikel

Saat ini investor di pasar modal Indonesia jumlahnya sudah mencapai angka 3 jutaan, baik investor SBN, reksa dana termasuk pasar saham. Angka ini jauh meningkat jika dibanding tahun 2016 yang jumlahnya hanya 500 ribuan investor.

Namun dari pertumbuhan itu, banyak dari mereka yang masih awam, dan kurang edukasi. Untuk kamu yang masih pemula, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

Yang pertama kamu bisa pilih saham-saham dari Indeks LQ45 dalam 5 tahun terakhir. Indeks LQ45, itu adalah indeks saham dengan likuiditas terbaik dan laporan keuangannya cenderung bisa dipertanggungjawabkan. Setiap tahun, ada 2 daftar indeks LQ45 yang diterbitkan IDX, jadi dalam 5 tahun ada 10 daftar indeks LQ45.

Lalu pilihlah saham-saham yang sering muncul dalam 10 daftar tersebut, hal tersebut mengindikasikan performa yang bagus dan konsisten. Faktanya ada beberapa perusahaan-perusahaan kecil yang hanya muncul sesekali dalam daftar, itulah mengapa tidak bisa dijadikan patokan jika hanya melihat 1 daftar LQ45 saja, pilihlah saham yang setidaknya muncul 6-8 kali muncul dalam 10 kali daftar indeks LQ45.

Kemudian dari saham-saham yang sering muncul tersebut, kita bisa seleksi lagi, mana yang produk atau jasanya sering kita dengar dan familiar dengan keseharian kita. Lalu kita saring dengan menganalisa laporan keuangan perusahaan tahun ini, lalu membagi liabilitasnya dengan ekuitas dengan hasil debt to equity ratio harus < 1.  Jika hasilnya dibawah 1 sebanyak dua kali, bisa dikatakan performanya bagus dan konsisten.

Atau bisa juga dengan menghitung rasio interest coverage, atau kemampuan perusahaan mengcover hutang. Interest coverage ratio dihitung dengan cara membagi laba bersih perusahaan dalam satu tahun sebelum dikurangi bunga dan pajak (earnings before interest and taxes / EBIT) dengan total beban bunga utang yang belum dibayar.. Jika angkanya stabil dalam kurun waktu 3 tahun, maka performanya bisa dikatakan bagus.

investasi saham

Lalu Jika semuanya terpenuhi termasuk juga profitabilitas perusahaan, kamu tinggal memilih 10 hingga 20 saham yang paling baik dan pilihlah paling tidak beberapa sektor, jangan fokus pada 1 atau 2 sektor saja, kamu boleh investasikan 20 % persen pada satu sektor lalu membagi sisanya untuk sektor yang lain. 

Performa keuangan perusahaan dapat membuat para investor awam merasa aman karena berinvestasi di perusahaan yang kuat secara keuangan. Dengan memilih perusahaan yang kuat, minimal kamu juga akan mengikuti ritme kerja perusahaan-perusahaan tersebut dan keuangan kamu juga perlahan ikut tumbuh. 

investasi saham

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan terus belajar investasi saham dari platform yang tepat, seperti ValueInvestorIndonesia.com. Kamu dapat memulai perjalanan investasi saham yang cerdas dan berpotensi menghasilkan keuntungan jangka panjang dengan program-program unggulan, mentor yang berpengalaman, dan berdiskusi dengan investor lain melalui fasilitas telegram grup secara gratis. 

Jangan ragu untuk memulai, karena semakin cepat kamu memulai, semakin banyak waktu yang Anda miliki untuk memanfaatkan potensi pertumbuhan saham. Klik. www.ValueInvestorIndonesia.com sekarang juga.